24 Maret, 2013

Tips Menaiki Bus AKAP

Di era modern seperti sekarang ini rasanya sangat mustahil ya jika kita sampai ketinggalan informasi. Banyak lho, media yang bisa diakses untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Ada yang tau gak sih harga 1 kilogram telur puyuh itu berapa? Gak perlu dijawab, karena bukan itu yang akan gue share ke kalian semua saat ini.

Oke, semua pasti pada suka kan sama yang namanya travelling, atau minimal pernahlah pasti ngalamin situasi harus melakukan perjalanan yang lumayan jauh. Dalam melakukan perjalanan itu pasti kita butuh yang namanya moda transportasi, bisa pake yang umum bisa juga pake yang pribadi. Kalo umum biasanya ada kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan bus. Kalo pribadi misalnya mobil pribadi, atau kalo di tivi-tivi tuh ada elang pribadi, ular pribadi, kuda pribadi, dan bahkan bisa pake karpet serta sapu pribadi.

Dari semua jenis moda transportasi yang ada, menurut gue bus adalah moda transportasi yang paling sering digunakan saat menjelang hari raya. Gue bukan salah satu anggota bus mania, apalagi paguyuban supir bus. Berhubung rumah gue berada di propinsi Jawa Barat dan dulu gue sekolah di Jawa Tengah, gue sering pulang pergi pakai bus malam dibandingkan moda transportasi yang lain. Pertama, kita pasti bakal dapet makan gratis yang mana itu boleh ngambil sepuasnya. Dan yang kedua kita gak akan berkeringat saat naik bus, karena AC-nya yang super dingin. Menurut gue, pokoknya gak ada alasanlah kalo kita harus takut naik bus. Ya, kecuali bus yang kalian naiki adalah bus hantu. Selain fasilitasnya yang memadai, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Walaupun bus itu adalah moda transportasi yang nyaman, tapi biar kenyamanan kalian tetap terjaga selama perjalanan, langsung aja gue akan berbagi tips bagaimana cara agar lo tetap nyaman saat manaiki bus angkutan kota antar propinsi.

1.    Carilah bus sesuai tujuan
Saat kalian mau naik bus, pastikan kalian menaiki bus sesuai dengan tujuan keberangkatan kalian. Jangan sampai salah jurusan apalagi salah asuhan. Misalnya kalian ingin pergi ke Jogja, tapi ternyata kalian malah menaiki bus dengan arah tujuan Aceh. Dan celakanya lagi, kalian baru menyadarinya saat bus sudah sampai di tanah rencong!!

2.    Supir
Pastikan supir bus yang akan kalian tumpangi bukan tuna netra dan bisa menyetir bus. Dan kalau bisa memiliki SIM. Yah, minimal SIM C lah..!!

3.    Brand
Pilihlah bus yang sudah teruji kualitasnya. Kita bisa mempergunakan bus yang sudah terkenal namanya. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal dari harga standar bus pada umumnya. Tapi percaya deh, di dunia per-bus-an terkenal atau tidaknya nama bus akan menentukan kenyamanan yang akan kalian terima. Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh PO bus. Beberapa kali gue pernah dikecewakan oleh PO bus yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari pelayanan makan, hingga fasilitas bus yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

4.    Barang bawaan
Barang yang akan dibawa hendaknya hanya barang-barang primer saja. Pakaian seperlunya, serta bekal makanan dan minum selama diperjalanan. Jangan terlalu banyak membawa barang yang tidak perlu, misalnya telepon umum, kulkas dua pintu, atau bahkan hewan peliharaan yang belum jinak. Semakin banyak barang yang kalian bawa, maka akan semakin merepotkan dalam hal membawa apalagi menjaganya.

5.    Masalah perut
Usahakan untuk makan secukupnya sebelum berangkat. Jangan makan terlalu banyak apalagi sifatnya pedas. Lebih baik menahan lapar daripada menahan, maaf!! buang air besar. Sangat tidak nyaman jika kita harus menahan BAB selama perjalanan, karena supir bus tidak akan berhenti mendadak hanya karena kita sakit perut. Sang supir hanya akan berhenti sesuai dengan tempat yang telah ditentukan. Selain itu, kamar mandi yang ada di dalam bus hanya boleh dipergunakan untuk buang air kecil.

6.    Obat-obatan
Jika kalian termasuk orang yang sering mual saat berpergian, bawalah obat-obatan seperlunya. Minyak angin dan antimo adalah obat yang lazim saat berpergian jarak jauh. Jangan membawa obat-obatan terlarang, misalnya ekstasi, atau yang sekarang sedang marak yaitu katinon. Hal itu tidak diperbolehkan oleh bang Rhoma Irama, selain itu pasti kalian juga akan dituduh sebagai pengedar narkoba didalam bus.

7.    Positive thinking
Di dalam bus kita akan bertemu banyak orang yang belum kita kenal. Kita tidak tau maksud dan tujuan mereka. Jangan mudah percaya dengan orang yang belum kita kenal, yang bisa kita lakukan adalah tetap berfikir positif dan ramah terhadap orang lain.

8.    Berdo’a
Agar kita terlindungi dari hal-hal yang tidak kita inginkan biasakan untuk berdo’a terlebih dahulu sebelum berangkat. Berdo'alah menurut ajaran agama dan kepercayaannya masing-masing.

Oh iya, ada tips yang kurang. Pastikan saat menaiki bus kalian menggunakan kaki terlebih dahulu untuk naik, bukan tangan, perut, atau bahkan kepala. Itu dia tips menaiki bus AKAP (Angkutan Kota Antar Propinsi). Semoga bisa bermanfaat buat kalian yang ingin menjadikan bus sebagai alternatif saat memilih moda transportasi umum saat ingin berpergian keluar kota. Selamat liburan, sob!! Semoga selamat sampai tujuan.



i n d e r a.

0 penyimak: