25 April, 2013

Cara Karyawan Peternakan Mengatasi Rasa Jenuh

Wahai para pekerja diluar sana. Pekerjaan adalah sebuah hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Alasan orang untuk sebuah kerjaan itu macem-macem, yang jelas mereka kerja pasti demi menwujudkan tujuan yang ingin dicapai. Gue ini adalah karyawan yang bekerja di perusahaan peternakan. Nggak aneh, kok!! Karena hewan yang gue ternak-in masih tergolong lazim. Gue nggak pelihara semut Rang-rang atau sekawanan Sigung, tapi yang gue pelihara disini adalah hewan memamah biak kayak Domba dan Sapi. 

"sedang berusaha menjinakan hewan liar"
Nggak sulit sebenernya kerja di peternakan hewan, tapi nggak semudah itu juga. Yang jelas kita harus teliti, tekun, dan sabar sama hewan yang kita pelihara. Setiap hari pasti ada aja kejadian yang bisa ditemukan dikandang. Gue ini udah hampir sepuluh bulan kerja. Emang belum terlalu lama sih, tapi nggak sebentar juga lho. Karena dalam keseharian gue nggak selalu berjalan mulus, kadang ada rasa jenuh yang kerap kali datang menghampiri. Ada ungkapan yang bilang bahwa “Rumput tetangga lebih hijau”. Hidup itu hampir sama kayak pekerjaan, pada dasarnya udah ada yang ngatur. Nah, daripada kita selalu ngelihat rumput tetangga yang lebih hijau, kenapa sih kita nggak mencoba buat menghijaukan rumput kita sendiri. Nah, kali ini gue akan memberikan tips bagaimana cara menanggulangi rasa jenuh versi “On The-Crott”. Langsung aja, ini dia cara-caranya,

1.    Bersyukur
Iyalah, yang nama kerja pasti ada titik jenuhnya. Nggak boleh dipungkiri, semua pekerjaan yang lo punya saat ini adalah campur tangan Tuhan YME. Enjoy itu adalah proses, tinggal masalahnya seberapa besar bersyukur kita sama apa yang udah kita dapet. Jadi, sejenuh apapun pekerjaan gue wajiblah bagi gue untuk bersyukur. Selalu ingat bahwa diluar sana nggak sedikit lho orang yang kerjanya “MenjaRum”, alias Menjaga Rumah.

2.    Browsing
Saat gue jenuh dengan segala rutinitas di kandang biasanya hal yang gue lakukan adalah masuk ke kantor kemudian nyalain komputer dan buka semua akun media sosial gue. Atau bisa juga streaming-an Youtube nyari video yang sedang happening. Kalo rasa jenuh kalian belum terpuaskan juga, mungkin bisa akses situs Brazzer atau Tokyo Hot. Bagi yang belum punya akunnya buruan deh sign up dulu, kalo udah baru boleh main burung.

3.    Ngobrol
Rasa jenuh itu biasanya timbul karena kurangnnya interaksi dengan orang lain. Nah, biasanya saat kita ngobrol maka akan terjadi interaksi timbal balik dengan rekan kerja kita. Tapi pastikan bahan obrolan kalian asik, jangan nyinggung soal utang, asmara, atau bahkan masalah disfungsi ereksi rekan kerja kalian. Karena hal itu sensitif buat sebagian orang. Terkadang kalo ngobrol sama manusia masih belum cukup untuk ngurangin rasa jenuh, gue biasa ngobrol sama Domba. Percaya deh, mereka adalah mahluk yang paling bisa jaga rahasia kalian, tapi tetep nggak boleh ngebahas seputar disfungsi ereksi..!!

4.    Musik
Kalo ternyata rasa jenuh itu muncul disaat berada pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk kita keluar kantor, musik bisa digunakan sebagai media untuk menghilangkan rasa jenuh. Putar beberapa lagu yang ada di playlist sambil pake headset. Coba deh dengerin lagunya Sonata Koplo – Ngamen 88, dijamin rasa jenuh kalian akan hilang dan berganti dengan rasa jengkel!!

5.    Makan
Enaknya kerja di peternakan itu lingkungan sekitarnya pasti banyak taneman. Kalo lagi bosen coba deh keliling sekitar kandang sambil eksplore nyari taneman langka buat dimakan. Kalo kalian beruntung nantinya kalian bisa dinobatkan sebagai penemu taneman langka sebagai pengganti beras.

6.    Bermain
Banyak lho permainan yang bisa membunuh rasa jenuh kalian, kayak main catur, solitare, main burung, dan lain-lain. Nah, kalo di kandang ada banyak banget tuh wahana yang bisa dimainin. Cuma tinggal seberapa jauh tingkat kreatifitas kalian aja sih. Misalnya, maen enggrang sambil mendirikan kemah, kayang sambil membuat anyaman bambu, berenang sambil memperbaiki instalasi listrik.

7.    Tidur
NGAKU AJA DEH!! Kalian jenuh karena kurang kerjaan kan? Berarti sama kayak gue. Yaudah tidur aja dulu barang beberapa jam, nanti bangun kalo udah langsung absen abis itu pulang deh.

Itu dia beberapa tips yang bisa gue sampaikan kekalian, semoga bisa bermanfaat dan sukur-sukur bisa langsung diaplikasikan di tempat kerja kalian masing-masing. Yang pasti adalah sebuah kewajaran yang lumrah bagi setiap orang saat bertemu dengan titik jenuhnya. Karena memang semua orang itu memiliki titik jenuhnya masing-masing dengan kadar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, enjoy adalah sebuah proses dari sebuah adaptasi yang berkelanjutan. Nggak bisa instan, karena itu juga sekaligus merupakan proses pendewasaan dari setiap orang. Untuk mencapai tingkat enjoy, kalian harus dan wajib melalui rasa titik jenuh dulu. Jadi pintar-pintar lah mengelola rasa jenuh kalian, karena sesungguhnya rasa jenuh yang berlebihan apabila tidak dikelola dengan baik akan berganti menjadi rasa malas yang permanen.

*tulisan ini buat berdasarkan pertukaran tema dengan t e m a n  gue yang nun jauh disana*




i n d e r a.

0 penyimak: